Fakta Tentang Sepakbola China

Carlos Tevez

Dulu, siapa yang menyukai sepakbola China? Siapa yang mengidolakan klub sepakbola China? Dan bahkan mungkin ada yang tidak tahu sama sekali tentang. klub sepakbola di negeri tirai bambu tersebut.


Memang, di negeri dengan penduduk terbanyak di dunia tersebut tidak mengesampingkan bidang olahraga. Mereka bahkan menjadi peraih gelar juara umum terbanyak di Asian Games, bahkan menjadi satu-satunya wakil dari Asia yang berhasil menjadi juara umum pada gelaran Olimpiade. Tetapi, dalam bidang sepakbola mereka belum bisa dikatakan bagus. 

Bahkan, pada tahun 2010 terdapat kurang lebih 10 kasus pengaturan skor yang terjadi di negeri tersebut, korupsi terhadap sponsor dan hak siar televisi oleh para petinggi klub dan federasi sepakbola mereka. Masyarakat disana juga terkesan menghindari hal-hal tentang sepakbola meskipun tayangan sepakbola disiarkan sepanjang waktu. Pemerintah China juga kurang dalam menyediakan lapangan sepakbola dan dalam pendidikan pun materi sepakbola menempati posisi materi paling belakang.

Pada tahun 2011 wakil presiden China mencoba membenahi masalah tersebut, dan menyerukan kebangkitan sepakbola China. Mereka memiliki 3 ambisi, yaitu meloloskan China ke Piala Dunia, menjadi tuan rumah Piala Dunia, dan menjadi raja di piala dunia. Hal tersebut terus diperjuangkan olehnya. Langkah awalnya tentu dengan memberikan hukuman yang berat bagi para koruptor, dan membangun fasilitas - fasilitas untuk sepakbol.

Dan kini Liga Super China menjadi liga dengan hak siar tertinggi di Asia. Perkembangan sepakbola di China rasanya berkembang dengan pesat. Sebagai contohnya saja klub Gangzhou Evergrande, mereka sudah memiliki manajamen yang handal, bahkan mereka mampu mendatangkan arsitek sepakbola terkenal asal Italia Marcello Lippi.

Klub lain di China juga berkembang dengan pesat, dikarenakan investor mulai mencoba peruntungan di bidang sepakbola yang semakin menarik seiring perkembangan zaman.

Bahkan nama - nama seperti Lavezzi, Ramires, Jackson Martinez, Hulk, Graziano Pelle dan Gervinho rela dan lebih memilih untuk meninggalkan gemerlapnya sepakbola eropa demi mendapatkan finansial yang lebih menguntungkan.Yang mengejutkan adalah perpindahan pemain muda berbakat Chelsea, Oscar ke klub Shanghai SIPG dan bomber Boca Juniors yaitu Carlos Tevez yang menjadi pemain dengan bayaran termahal di dunia.




referensi: https://www.facebook.com/261694130568136/photos/a.322266954510853.72192.261694130568136/993367114067497/

Previous
Next Post »