Apa itu Demokrasi Pancasila?

Demokrasi Pancasila


Demokrasi Pancasila merupakan demokrasi yang konstitusional berdasarkan mekanisme kedaulatan rakyat di setiap penyelenggaraan negara dan penyelenggaraan pemerintahan menurut konstitusi yaitu UUD 1945. Sebagai demokrasi Pancasila terikat dengan UUD 1945 dan implementasinya pelaksanaannya) wajib sesuai dengan apa yang terdapat dalam UUD 1945.


Pengertian Demokrasi Pancasila
Menurut Para Ahli - Selain pengertian secara umum demokrasi Pancasila, terdapat pula pengertian menurut para ahli yang mengemukakan pendapatnya untuk mendefinisikan pengertian demokrasi Pancasila. Macam-macam pengertian demokrasi Pancasila adalah sebagai berikut.
Prof. Notonegoro: Menurutnya, pengertian demokrasi Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang ber-Ketuhanan YME, yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Ensiklopedia Indonesia: Pengertian demokrasi Pancasila bahwa Pancasila meliputi bidang-bidang politik, sosial dan ekonomi, serta yang dalam penyelesaian masalah-masalah nasional yang berusaha sejauh mungkin menempuh jalan permusyawaratan untuk mencapai mufakat.

Karakter Utama Demokrasi Pancasila
- Menghargai hak asasi manusia
- Kedaulatan ada ditangan rakyat
- Selalu berdasarkan kekeluargaan dan gotong royong
- Cara pengambilan keputusan melalui musyawarah untuk mencapai kata mufakat

Ciri-Ciri Demokrasi Pancasila 
Ciri-ciri demokrasi Pancasila adalah sebagai berikut :
- Terdapat pemilu secara berkesinambungan
- Pemerintah berjalan sesuai dengan konstitusi 
- Ide yang terbaik akan diterima ketimbang dari suara terbanyak
- Merupakan kompetisi dari berbagai ide dan cara dalam menyelesaikan masalah 
- Adanya penghargaan atas Hak Asasi Manusia dan perlindungan untuk hak minoritas

Nilai lebih yang dimiliki Demokrasi Pancasila
Nilai lebih demokrasi Pancasila adalah adanya penghargaan terhadap hak asasi manusia dan hak minoritas. Demokrasi Pancasila tidak mengenal dominasi mayoritas ataupun tirani minoritas. Dominasi mayoritas mengandung makna kelompok besar menguasai segi kehidupan dengan mengabaikan kelompok kecil. Demokrasi Pancasila juga menghargai Hak Asasi Manusia serta menganalisis adanya pernyataan tentang suatu masalah.

Tanggung jawab Warga Negara dalam Pelaksanaan Demokrasi Pancasila 
  1. Tanggung Jawab itu diantaranya adalah :
  2. Setiap Warga Negara Indonesia bertanggung jawab terhadap segala pelaksanaan Sistem Demokrasi Pancasila.
  3. Setiap Warga Negara Indonesia bertanggung jawab terhadap segala pelaksanaan pemilu (Pemilihan Umum) secara langsung, umum, bebas, dan rahasia serta jujur dan adil.
  4. Setiap Warga Negara Indonesia bertanggung jawab atas segala pelaksanaan Hukum dan Pemerintahan Republik Indonesia.
  5. Setiap Warga Negara Indonesia bertanggung jawab atas segala usaha pembelaan negara.
  6. Setiap Warga Negara Indonesia bertanggung jawab atas segala pelaksanaan Hak Asasi Manusia (HAM), mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.
Previous
Next Post »