Tugas 2 Menjawab Pertanyaan Isi Teks Negosiasi



Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Di post ini saya akan melanjutkan posting saya tentang buku "Ekspresi Diri dan Akademik" Bab V yang berjudul Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan. Untuk kali ini saya akan membahas Tugas 2.

Tugas 2 Menjawab Pertanyaan Isi Teks Negosiasi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Usahakan kalian tidak membaca teks yang mengikutinya sebelum kalian selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan itu!

(1) Menurut kalian, haruskah karyawan selalu menuruti keinginan pengusaha dalam hal jam kerja dan gaji atau UMP (upah minimum provinsi) yang diberikan? Sebaliknya, haruskah pengusaha selalu menuruti keinginan karyawan dalam hal jam kerja dan gaji yang diberikan?
~ Jawab :
Menurut kami, karyawan tidak harus selalu menuruti pengusaha, jika dalam hal jam kerja karyawan sudah memenuhinya maka pengusaha juga harus memenuhi pemberian gaji/upah sesuai dengan apa yang dikerjakan oleh karyawan. Dan begitu juga sebaliknya, jika pengusaha sudah memenuhi gaji karyawan maka karyawan juga harus memenuhi dalam hal jam kerja. Agar kedua belah pihak saling mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut.

(2) Berapa juta rupiahkah gaji yang selayaknya diterima oleh seorang karyawan setiap bulan di masyarakat sekitar kalian?
~Jawab :
Menurut kami gaji yang layak untuk masyarakat di sekitar kami kira-kira sebesar Rp3.000.000

(3) Dapatkah gaji karyawan ditentukan hanya oleh pengusaha atau pemerintah?
~Jawab :
Dapat, asalkan gaji yang ditentukan setara dengan apa yang dikerjakan.

(4) Seandainya kalian menjadi pengusaha, apakah kalian akan mengajak karyawan berdialog untuk menentukan kebijakan perusahaan?
Jawab :
Ya, tentu saja. Karena sebelum dibuat kebijakan harus ada kesepakatan terlebih dahulu.

(5) Hubungan seperti apa yang terjadi antara karyawan dan pengusaha? Setujukah kalian bahwa hubungan tersebut adalah hubungan bawahan dan atasan?
Jawab :
Hubungan antara karyawan dan pengusaha seperti teman kerja yang saling membantu satu sama lain. Ya, saya setuju karena walaupun hubungan itu seperti teman kerja, karyawan harus tetap menghormati atasannya.

(6) Jelaskan tata organisasi yang ada di sebuah perusahaan? Betulkah pimpinan perusahaan disebut direktur?
Jawab :
Komisaris (pemilik saham) => Direktur (pemimpin jalannya perusahaan) => Manager (pembantu direktur) => Asissten Manager => Supervisor => Kepala Ruangan => Operator => Karyawan.
Tidak setuju, karena direktur adalah pemimpin jalannya perusahaan.

Sekian pembahasan untuk tugas ini. Untuk tugas dan informasi lainnya akan dibahas pada post selanjutnya.
Terima Kasih... Maaf jika ada kesalahan...
Previous
Next Post »